This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

2011/07/14

Mengenal Metode Belajar E-learning

Mengenal Metode Belajar E-learning


Teknologi megalami kemajuan pesat di segala bidang termasuk di bidang pendidikan. Untuk itu metode pendidikan lama atau konvensional menjadi kurang efektif karena terbentur masalah ruang dan waktu. Maka dari itu metode e-learning menjadi solusinya. Apa sebenarnya e-learning itu? dan bagaimana penerapannya dalam dunia pendidikan?.
Secara definisi E-learning adalah semua yang mencakup pemanfaatan komputer dalam menunjang peningkatan kualitas pembelajaran, termasuk di dalamnya penggunaan mobile technologies seperti PDA dan MP3 players. Juga penggunaan teaching materials berbasis web dan hypermedia, multimedia CD-ROM atau web sites, forum diskusi, perangkat lunak kolaboratif, e-mail, blogs, wikis, computer aided assessment, animasi pendidikan, simulasi, permainan, perangkat lunak manajemen pembelajaran, electronic voting systems, dan lain-lain. Juga dapat berupa kombinasi dari penggunaan media yang berbeda [Thomas Toth, 2003; Athabasca University, Wikipedia].
Dapat disimpulkan bahwa E-learning adalah sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam prose belajar mengajar. Jadi teknologi informasi berperan besar di sini.
Sejarah E-learning
E-learning atau pembelajaran elektronik pertama kali diperkenalkan oleh universitas Illionis di Urbana-Champaign dengan menggunakan sistem instruksi berbasis komputer (computer-assisted instruktion) dan komputer bernama PLATO. Sejak saat itu, perkembangan e-learning berkembang sejalan dengan perkembangan dan kemajuan teknologi. Berikut perkembangan e-learning dari masa ke masa :
* Tahun 1990 : Era CBT (Computer-Based Training) di mana mulai bermunculan aplikasi e-learning yang berjalan dalam PC standlone ataupun berbentuk kemasan CD-ROM. Isi materi dalam bentuk tulisan maupun multimedia (Video dan Audio) DALAM FORMAT
mov, mpeg-1, atau avi.
* Tahun 1994 : Seiring dengan diterimanya CBT oleh masyarakat sejak tahun 1994 CBT muncul dalam bentuk paket-paket yang lebih menarik dan diproduksi secara masal.
* Tahun 1997 : LMS (Learning Management System). Seiring dengan perkembangan teknologi internet, masyarakat di dunia mulai terkoneksi dengan internet. Kebutuhan akan informasi yang dapat diperoleh dengan cepat mulai dirasakan sebagai kebutuhan mutlak dan jarak serta lokasi bukanlah halangan lagi. Dari sinilah muncul LMS. Perkembangan LMS yang makin pesat membuat pemikiran baru untuk mengatasi masalah interoperability antar LMS yang satu dengan lainnya secara standar. Bentuk standar yang muncul misalnya standar yang dikeluarkan oleh AICC (Airline Industry CBT Commettee), IMS, IEEE LOM, ARIADNE, dsb.
* Tahun 1999 sebagai tahun Aplikasi E-learning berbasis Web. Perkembangan LMS menuju aplikasi e-learning berbasis Web berkembang secara total, baik untuk pembelajar (learner) maupun administrasi belajar mengajarnya. LMS mulai digabungkan dengan situs-situs informasi, majalah dan surat kabar. Isinya juga semakin kaya dengan perpaduan multimedia, video streaming serta penampilan interaktif dalam berbagai pilihan format data yang lebih standar dan berukuran kecil.
Untuk menyampaikan pembelajaran nya, e-learning tidak harus selalu menggunakan internet. Banyak media -media lain yang dapat digunakan selain internet. Seperti intranet, cd, dvd, mp3, PDA dan lain-lain.. Penggunaan teknologi internet pada e-learning umumnya dengan pertimbangan memiliki jangkauan yang luas. Ada juga beberapa lembaga pendidikan dan perusahaan yang menggunakan jaringan intranet sebagai media e-learning sehingga biaya yang disiapkan relatif lebih murah.
Keuntungan lain belajar dengan metode e-learning seperti menghemat waktu , mengenhemat biaya perjalanan, menghemat biaya pendidikan, menjangkau wilayah geograis yang luas dan melatih kemandirian para pelajar dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.semoga metode pembelajaran ini menjadi solusi pendidikan di indonesia.
Sumber :teledoredu.com dan edufiesta

2011/05/31

tips membeli laptop

 
Memiliki sebuah laptop bukan lagi sebuah impian yang sulit terwujud. Jika dahulu laptop masih merupakan barang mewah dan bagian dari gaya hidup, saat ini memiliki sebuah laptop sudah menjadi suatu kebutuhan.
Fenomena ini cepat dibaca oleh produsen laptop. Mereka membanjiri pasar dengan berbagai tipe laptop berikut harga yang makin terjangkau. Di satu sisi hal ini sangat menguntungkan kita sebagai konsumen sebab kita diberikan keleluasaan memilih laptop sesuai dengan anggaran dan kebutuhan kita, namun bagi mereka yang baru terjun di dunia laptop tentu hal ini sangat membingungkan. Mereka jadi pusing tujuh keliling dalam menentukan pilihan saking banyaknya pilihan yang tersedia.
Berikut dua langkah yang bisa dijadikan pegangan sebelum membeli sebuah laptop.
Langkah 1 Tentukan Tujuan dan Kebutuhan.
Tanyakanlah pada diri anda, jika anda ingin membeli laptop, akan digunakan untuk apa laptop tersebut. Apakah digunakan untuk pekerjaan kantoran, mengerjakan tugas tugas sekolah, sekedar untuk browsing dan ber-email-an, diberikan untuk anak anda yang baru kenal komputer, atau dipergunakan untuk bermain game terbaru?
Misalnya jika anda ingin menggunakan laptop untuk bermain game 3D terbaru maka anda memerlukan laptop dengan kemampuan kartu grafis yang memadai. Saat membeli,  anda bisa meminta penjaga toko untuk mencarikan laptop dengan memori kartu grafis minimal 128 MB berikut segala kemampuannya. Jangan membeli laptop dengan kartu grafis yang ‘on board’ meskipun dari segi spesifikasi cukup menggiurkan, sebab kemampuan kartu grafis ‘on board’ jauh dibawah kartu grafis yang add on. Semakin wah kartu grafis yang terpasang maka akan semakin mahal laptop tersebut sehingga anda harus mempertimbangkan anggaran yang tersedia.
Jika laptop yang anda beli tidak untuk bermain game maka anda tidak usah terlalu memikirkan masalah kartu grafis. Beberapa pekerjaan kantoran seperti mengetik, internet dan video editing tidak memerlukan spesifikasi kartu grafis yang tinggi. Tentu saja anda bisa mendapatkan laptop dengan harga yang relatif lebih murah.
Nah setelah anda menentukan apakah laptop akan digunakan untuk bermain game atau bukan maka selanjutnya anda harus memikirkan program apa saja yang akan anda jalankan pada laptop tersebut. Hal ini penting untuk menentukan kemampuan prosesor dan RAM dari laptop yang akan anda miliki. Ada baiknya anda membaca spesifikasi minimal laptop yang dibutuhkan untuk menjalankan program yang anda gunakan.
Langkah 2 Pemilihan Perangkat Keras
Langkah ini merupakan langkah terpenting dari keinginan anda membeli sebuah laptop. Pada langkah ini anda diharapkan mampu memutuskan seberapa cepat sistem laptop yang anda inginkan. Mengapa hal ini penting, sebab jika anda salah dalam menentukan pilihan maka anda tidak akan bisa mengganti jeroan laptop yang sudah anda beli. Perlu dicamkan disini, semakin mahal anda membayar maka semakin ‘wah’ spesifikasi laptop yang akan anda dapatkan.
Berikut beberapa jeroan laptop yang perlu anda perhatikan.
  1. CPU. Prosesor atau CPU akan menentukan seberapa cepat sistem anda bekerja dalam mengeksekusi suatu program. Terdapat banyak pilihan CPU yang bisa anda pertimbangkan. Saya tidak akan menjabarkan disini karena terlalu panjang, anda bisa membaca sendiri di situs masing masing produsen CPU. Saya hanya bisa menyarankan anda mengambil minimal dual core CPU kecuali dana yang anda miliki tidak mencukupi. Bila ada dana yang lebih, anda bisa mempertimbangkan menggunakan prosesor Intel Core 2 Duo atau AMD X2.
  2. Memori (RAM). Perangkat keras ini bertugas untuk menyimpan data sementara dari program yang sedang berjalan. Seperti halnya otak, semakin besar kapasitas penyimpanan RAM maka semakin banyak program yang bisa anda jalankan secara bersamaan. RAM yang besar juga diperlukan untuk menjalankan program program berat seperti pengolah grafis dan video. Saat ini, RAM minimal yang dibutuhkan adalah 1 GB, namun alangkah baiknya bila anda bisa mendapatkan RAM 2 GB.
  3. Hard Drive (Media Penyimpanan). Perangkat keras ini berfungsi untuk menyimpan data dalam waktu yang lama. File musik, video, pekerjaan kantor dan lain lain merupakan beberapa contoh file yang sering disimpan dalam HDD. Semakin lega kapasitas HDD maka akan semakin banyak file yang bisa anda simpan. Performa laptop tidak akan terlalu terpengaruh oleh besarnya kapasitas HDD.
Itulah 3 perangkat keras yang perlu anda perhatikan dalam memilih sebuah laptop. Akhir akhir ini, tersedianya fasilitas WIFI juga bisa dipertimbangkan mengingat bertebarannya hotspot gratis untuk berselancar di dunia maya. Bila memang fitur ini tidak tersedia, anda bisa menambahkan kartu WIFI yang banyak dijual di pasaran.
Perhatian
  • Saat membeli laptop, harap selalu memperhatikan garansi yang ditawarkan oleh penjual laptop. Jangan takut untuk berperilaku cerewet dalam masalah ini sebab laptop merupakan barang mahal yang rentan akan kerusakan sehingga anda bisa tetap aman menggunakannya. Perhatikan jenis tanggungan garansi, apa saja yang ditanggung berikut segala kondisi yang menjadi tanggungan garansi. Jika memang anda merasa tidak sreg, lebih baik anda membatalkan pembelian laptop tersebut daripada anda menyesal di kemudian hari.
  • Saya katakan, merk tidak penting, yang penting adalah ketersediaan layanan purna jual di kota anda. Apa gunanya anda menggunakan laptop dan bila terjadi kerusakan anda bingung mau membawa kemana. Apalagi anda harus naik pesawat ke ibu kota hanya sekedar memperbaiki laptop. Hal ini tentu tidak praktis dan banyak menghabiskan uang.
  • Jangan membeli laptop yang sedang di display di toko. Walau ini sedikit remeh tetapi anda tidak bisa mengabaikan begitu saja. Anda tidak tahu sudah berapa kali laptop yang dipamerkan itu dinyalakan dan diutak atik orang. Bila memang laptop itu satu satunya yang ada di toko itu, anda bisa mencarinya di toko lain.
Demikianlah sedikit tips dari saya bila anda ingin membeli sebuah laptop. Kalau ada yang ingin menambahkan saya persilakan. Akhirnya, selamat berbelanja.