This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

2011/04/08

Perahu Pinisi

Perahu Pinisi

Perahu Pinisi
Tanah beru, tanah leluhur para arsitek perahu Pinisi. Di tanah inilah Panrita Lopi melahirkan karya besar mereka. Menciptakan perahu yang hingga saat ini masih melayari pesisir pantai nusantara. Dimuali dari awal sejarah Bugis klasik hingga zaman cybernetic perahu Pinisi tetap anggun meniti arus, membelah ombak menggapai pantai tujuan. Masih segar dalam ingatan ketika pinisi Amanagappa dengan gagah berlayar ke semenanjung Madagaskar. Juga Hati Herage dan Damarsagara yang berlayar ke Australia dan Jepang. Seolah ingin memperlihatkan pada dunia bahwa inilah anak bangsa yang telah menoreh kisah dalam lontara zaman berzaman. Sejenak, ingin rasanya berada di Bonto Bahari dan menyaksikan kepiawaian pencipta perahu-perahu handal yang dengan mahir melahirkan karya besar mereka. Sungguh, tidak berlebihan jika dikatakan bahwa setiap jengkal badan perahu sarat dengan nilai falsafah.

Perahu pinisi dari zaman dahulu hingga saat ini telah menorehkan kisah panjang. Pinisi telah menjelma menjadi armada perang, kapal angkut barang dagangan hingga kapal pesiar yang dilengkapi peralatan mewah sekelas hotel berbintang. Seperti apakah sesungguhnya perahu ini dilahirkan, berikut sekelumit gambaran tentang proses pebuatan perahu pinisi yang terkenal handal dalam arung samudra.
Proses pembuatan perahu pinisi
Sebelum sebuah perahu pinisi dapat melego jangkar, proses pembuatan sesungguhnya terbilang sangat rumit dan membutuhkan ketelitian tinggi. Disamping itu, proses pembuatannya juga diwarnai aspek ritual berdasar pada keyakinan yang dimiliki oleh para Panrita Lopi. Berikut beberapa catatan tahap pembuatan perahu pinisi yang dapat dirangkum.
a. Proses pencarian bahan dasar
Proses pencarian kayu yang menjadi bahan dasar pembuatan kapal pinisi diawali dengan penentuan hari baik yang dipandang menguntungkan. Lazimnya, hari ini dipilih pada hari ke lima dan ketujuh bulan berjalan. Penentuan hari ini didasari oleh nilai filosofi yakni jika hari kelima maka itu berarti Naparilimai dale’na. Lima dalam bahasa bugis berarti angka lima yang juga berarti telapak tangan. Naparilimai dale’na dapat dimaknakan dale’ atau rezeki diharapkan nantinya akan berada ditelapak tangan. Atau dengan makna lain rezeki mudah dicari jika kelak perahu yang akan dibuat dimanfaatkan untuk mencari rezeki atau keuntungan. JIka dipilih hari ketujuh, maka itu berarti Natujuangenggi dalle’na. Natujuang dalam bahasa Bugis berarti diniatkan atau dapat pula berarti didapatkan. Natujuangenggi dalle’na memberi makna kemudahan dalam memperoleh dalle’ (rezeki) atau apa saja yang menjadi niat dihati maka apa yang diniatkan itu mudah didapatkan.
b. Pemilihan pohon atau kayu yang akan dijadikan bahan dasar
Pemilihan kayu juga tidak dapat dilakukan secara serampangan, tapi dengan melalui proses pemilihan dengan penyelenggaraan ritual tertentu. Biasanya diawali dengan pemotongan ayam dan permintaan izin agar penghuni pohon atau makhluk halus yang diyakini mendiami pohon tersebut memberikan izin agar kayu tersebut dapat dimanfaatkan untuk pembuatan perahu. Proses pemotongan ini juga harus dilaksanakan sekaligus, tidak boleh berhenti dikerjakan sebelum pohonnya tumbang. Karenanya, proses pemotongan yang lazimnya menggunakan gergaji dilakukan oleh laki-laki yang berbadan kuat.
c. Pemotongan Lunas
Pemotongan kayu untuk dijadikan lunas juga memiliki aturan tersendiri. Kayu bagian ujung yang dipotong dan tidak dapat dimanfaatkan akan dibuang kelaut. Proses pengantaran bagian ujung ini juga tidak boleh menyentuh tanah hingga kemudian dibuang kelaut. Upacara pengantaran ini lazim disebut ritual annattara. Bagian yang dibuang ini melambangkan laki-laki yang melaut untuk mencari nafkah atau juga dapat diartikan sebagai penolak bala. Selanjutnya potongan bagian belakang akan disimpan dirumah, sebagai symbol seorang istri yang menanti kedatangan suami yang sedang mencari nafkah dengan melaut.
d. Penentuan pusat perahu
Penentuan bagian yang menjadi pusat perahu atau ini lebih menitik beratkan pada nilai filosofis yang terkandung didalamnya, yakni melambangkan kelahiran bayi perahu. Selanjutnya proses pengerjaan perahu dilaksanakan dengan dikomandani oleh seorang Ponggawa. Ponggawa ini pulalah yang bertanggungjawab terhadap proses pembuatan perahu secara teknis hingga selesai.
e. Proses penyelesaian (finshing)
Proses selanjutnya adalah menyiapkan teras dan buritan perahu yang menjadi badan perahu. Proses ini diawali dengan pemasangan lunas perahu yang kemudian dusul dengan pemasangan linggi depan dan linggi belakang. Barulah kemudian jika selesai disusul pemasangan papan yang menjadi diding lambung perahu. Secara berurut juga dipasang tulang dan gading perahu. Setelah proses pemasangan gading ini selesai perahu dipasangi balok-balok dinding dan dek. Jika semuanya rampung menyusul kamar perahu yang akan dikerjakan. Namun, perlu dijadikan catatan dalam proses pembuatan dan pemasangan beberapa bagian perahu, juga dikerjakan perekatan antara bagian yang menjadi komponen perahu. Perekatan ini dilakukan dengan memanfaatkan kulit pohon Barru dan dempul yang terbuat dari kapur dan minyak kelapa.
Seperti diketahui bahwa proses pembuatan kapal dikomandani oleh seorang punggawa atau orang yang mengerti tentang pembuatan perahu secara tekhnis. Punggawa ini kemudian memiliki tanggung jawab terhadap pembagian kerja yang dilaksanakan oleh para pembatu atau pekerja yang disebut Sawi. Disamping itu seorang punggawa juga ditutut mampu memberikan pengarahan dan pengetahuan kepada para sawi sebagai pelaksana teknis. Sawi sendiri secara khusus sulit diketahui kemampuannya selain keterlibatannya sebagai pekerja dalam proses pembuatan perahu hingga selesai.
Setelah sebuah perahu pinisi selesai dikerjakan barulah prosesi penurunan kapal kelaut diselenggarakan. Upacara adat juga digelar dalam rangka penurunan kapal tersebut.
Bismillahir Rahmanir Rahim BuIu-bulunnako buttaya, patimbonako bosiya, kayunnako mukmamulhakim, laku sareang Nabi Haidir” (www.phinisi-boat.co.cc). Demikian kalimat yang berisi doa dan harapan terhadap awal pelayaran mengawali perahu pinisi diluncurkan. Proses penurunan perahu ke laut disamping diiringi doa juga diselenggarakan helatan berupa penyembelihan hewan (sapi) sebagai rasa syukur atas terlaksananya pembuatan perahu tersebut.
Dari proses pembuatan ini tergambar beberapa bagian perahu pinisi yang memiliki fungsi dalam menggerakkan kapal. Bagian-bagian tersebut antara lain :
1. Anjong, (segi tiga penyeimbang) berada pada bagian depan kapal.
2. Sombala (layar utama) berukuran besar
3. Tanpasere (layar kecil) berbentuk segitiga ada di setiap tiang utama.
4. Cocoro pantara (layar bantu depan).
5. Cocoro tangnga (layar bantu tengah.
6. Tarengke (layar bantu di belakang)
Kilas sejarah perahu pinisi
Berawal dari mitologi dan kepercayaan masyarakat terhadap sosok Sawerigading yang berlayar dari tanah luwu untuk mempersunting seorang putri bernama We Codai. Keberangkatan Sawerigading ini berlayar menggunakan sebuah kapal yang terbuat dari sebuah pohon bernama Welenreng. Pohon ini ditempah untuk  dijadikan perahu yang akan digunakan oleh Sawerigading dalan pelayarannya. Namun, perahu ini diterpa badai dan akhirnya pecah. Bagian perahu yang telah hancur ini kemudian terdapar di tiga tempat, bagian haluan dan buritan terdampar di Lemo-lemo. Bagian lambung kapal terdampar di sebuah desa bernama Ara dan layarnya terdampar di Bira. Oleh masyarakat ketiga daerah ini  mengumpulkan puing puing perahu Sawerigading dan mereka ulang bentuknya.
Dari sinilah awal munculnya mitologi bahwa ketiga daerah tersebut memiliki keahlian spesifik berdasarkan temuan puing-puing kapal tersebut. Orang Bira yang diyakini mendapatkan layar kelak  memiliki keterampilan berlayar dan navigasi. Orang Ara memiliki kemampuan spesifik dalam pembuatan lambung kapal dan sebaliknya orang Lemo-lemo lebih mahir membuat haluan dan buritan perahu. Ketiga daerah ini berada di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan,yang kemudian tersohor sebagai pembuat perahu pinisi.
Pada awal abad ke-18 para pelaut Bira menakhodai pinisi padewakang hingga ke pantai utara Australia demi memburu teripang kualitas terbaik. Padewakang yang mampu membawa muatan hingga 140 ton berkeliling menghimpun barang dari berbagai pelosok Nusantara; rotan, lilin, agar-agar, sirip hiu, kulit, daging kering, kulit penyu, sarang burung, dan tikar rotan; dan menjualnya kepada saudagar kapal jung dari China. Guncangan politik lokal tahun 1950-an, kelangkaan kayu, dan perkembangan teknologi kapal motor membuat kejayaan Semenanjung Bira memudar. Namun, punggawa Semenanjung Bira menolak menyerah.
Thomas Gibson dalam bukunya, Kekuasaan Raja, Syaikh, dan Ambtenaar-Pengetahuan Simbolik & Kekuasaan Tradisional Makassar 1300–2000 (Penerbit Ininnawa, 2009), mengurai diaspora tukang kapal Desa Ara dan Lemo-lemo yang meninggalkan Semenanjung Bira demi melanjutkan jalan hidup mereka sebagai punggawa pinisi.
Menurut Gibson, punggawa Desa Lemo-lemo sejak awal abad ke-19 mulai meninggalkan Semenanjung Bira, punggawa pinisi di mana-mana. ”(Sementara) para pembuat perahu Desa Ara (hingga awal 1950-an tetap) bergantung kepada saudagar kaya di Bira … (Namun) pemberontakan Darul Islam (membuat) pangkalan perahu di Bira dan Bone ditutup … Para punggawa (Desa Ara) mulai (pergi dan) membuka kontak dengan saudagar Tionghoa di seluruh Indonesia. Mereka kembali ke Ara, merekrut awak pembuat kapal (yang lantas dibawa ke) tempat para pemesan. Di Pulau Laut, Kalimantan Selatan, dibangun perahu yang bobotnya hingga 600 ton,” tulis Gibson.

Gibson mencatat, pada 1988 koloni orang Ara tersebar di Indonesia. Mulai dari Jampea, Selayar, Sulawesi Selatan; Merauke dan Sorong di Papua; Kupang di Nusa Tenggara Timur; Ambon dan Ternate di Kepulauan Maluku; Tarakan, Balikpapan, Batu Licin, Kota Baru, Banjarmasin, Sampit, Kuala Pembuangan, Kumai, dan Pontianak di Kalimantan; Jakarta; Surabaya; hingga Belitung, Palembang, dan Jambi di Sumatera.
Keperkasaan perahu pinisi dalam mengarungi samudra telah dikenal kesantero nusantara bahkan dunia. Tercatat dalam sejarah keberhasilan Pinisi Nusantara melayari samudera Pasifik untuk menuju Vancouver, Kanada dalam gelar Expo’86. Pelayaran spektakuler yang dinakhodai oleh Capt. Gita Ardjakusuma beserta 11 orang awak kapalnya menunjukkan pada dunia ketangguhan perahu pinisi dalam arung samudra. Ombak dengan ketinggian 7 meter dengan posisi pelayaran melawan angin serta jarak jelajah sejauh 10.600 mil ternyata berhasil diretas dalam kurun waktu 68 hari. Di pelabuhan Marine Plaza, Pinisi Nusantara mendapat sambutan tak kalah mengejutkannya. Tercatat setiap harinya kapal ini mendapat kunjungan 3.000 orang bebahkan pada tanggal 21 September 1986, Phinisi Nusantara didatangi 25.000 pengunjung.
Tercatat juga Pinisi Amanagappa yang berasil berlayar hingga ke Madagaskar. Demikian juga dengan Pinisi Hati Herage dan Damar Sagara yang masing-masing berlayar ke Jepang dan Australia. Terbaru adalah pinisi Pearl Of Papua, kapal ini berbobot lebih dari 100 ton dengan panjang 30 meter lebar 7.5 meter dan tinggi dari lunas hingga top deck 8.5 meter. Tidak seperti pinisi lain, Pearl Of Papua didesain sebagai kapal layar pesiar untuk kegunaan wisata. Dilengkapi kabin mewah untuk 15 penumpang dan 12 crew Pearl Of Papua akan berlayar layaknya hotel berbintang lima.
Ini hanya sebagian kecil dari ilustrasi keberhasilan para Panrita Lopi melahirkan karyanya. Kegagahan pelaut Bugis dalam menjelajahi pulau-pulau nusantara tentu saja tidak lepas dari tangan dingin mereka. Jika ingin merasakan semilir angin yang ditingkah dengan bunyi peralatan para sawi yang menyatu dalam nyayian semangat bahari, datanglah ke negeri Tanah Beru, tanahnya panrita lopi.

2011/04/06

WinToFlash (Install Windows Dari Flashdisk)

wintoflash
WinToFlash membantu untuk memindahkan data dari CD/DVD instalasi ke USB/Flashdisk. Serta menjadikan Flashdisk menjadi Bootable dan menggantikan CD/DVD.
WinToFlash starts a Wizard that will help pull over the contents of a windows installation CD or DVD and prep the USB drive to become a bootable replacement for the optical drive. It can alsow do this with your LiveCD.
You don’t have to worry about Scratches on the disc or misplacing your original media discs once you transfer their contents to the flash drive. The optical drive is quickly becoming a thing of the past, especially in office environments, as media is shifted to the Cloud.
DOWNLOAD HERE

2011/04/05

Cara memperbaiki Grub yang rusak

Saat ini saya memakai dual OS yaitu Windows XP SP2 dan Ubuntu 9.10.. Alhamdulillah lancar..
Dulu saya pernah kejadian grub saya error sehingga tidak bisa masuk ke OS manapun dan saya bingung harus saya apakan, akhirnya saya instal ulang ubuntu nya. T.T .. Sering saya mengalami kejadian itu dan sudah bosan menginstal ulang hingga akhirnya saya bertanya pada teman saya yang lebih mengerti tentang linux, lalu katanya grub error masih bisa di perbaiki dengan live CD ubuntu itu sendiri.
Berikut ini tutorial nya:
  • Siapkan Live CD Ubuntu 9.10 atau bisa download dulu di situs resmi nya.
  • Setting BIOS agar First Boot Device nya CD-ROM
  • Setelah masuk ke menu instal ubuntu, pilih yang paling atas “try ubuntu without bla..bla..bla..”
  • Setelah masuk ke system, masuk ke Terminal. Applications > Accesosries > Terminal
  • Masuk sebagai root. Caranya ketik sudo -s lalu enter dan masukan password anda
  • Lihat partisi anda dengan mengetik sudo fdisk -l
  • Setelah diketahui pertisi linuxnya (misalkan di PC saya sda2), kemudian lakukan mounting seperti ini
sudo mount -t ext4 /dev/sda2 /mnt/
sudo mount -t proc proc /mnt/proc/
sudo mount -t sysfs sys /mnt/sys/
sudo mount -o bind /dev/ /mnt/dev/
sudo chroot /mnt /bin/bash

  • Sekarang kita akan mengembalikan GRUB ke MBR, perintahnya
grub-install /dev/sda
  • Sekarang kita akan mengembalikan kedalam partisi Linuxnya (di PC saya berada di /dev/sda2), perintahnya
grub-install /dev/sda2
  • Jika tidak ada pesan error maka setelah Anda melakukan Restart, bootloader akan kembali seperti semula
Semoga tulisan ini dapat membantu anda..

2011/03/29

menjadi seorang hacker

Bagaimana Cara Menjadi Hacker????

____________________ ___ ___ ________
\_ _____/\_ ___ \ / | \\_____ \
| __)_ / \ \// ~ \/ | \
| \\ \___\ Y / | \
/_______ / \______ /\___|_ /\_______ /
\/ \/ \/ \/



Tulisan ini aku buat karena aku menyadari susahnya menjadi newbie , newbie yang
nanya kesana kemari dengan harapan dapet jawaban yang jelas, tetapi malah di
kerjain, di isengin bahkan di boongin, lebih parahnya lagi kalo cuma di ajarin
cara instan, trust me ? bisa deface 1,2, 4, ... 1000 sites tidak menjadikan
kamu hacker !!! pengen terkenal ? yupe kamu berhasil !! (mohon maaf juga , jika
semua yang baca bilang kalo aku munafik,aku akuin kl aku juga pernah mendeface
,but tidak ada kata terlambat untuk menyadarinya )

Stop! jangan salah menyangka dan menuduh kalo aku sudah lebih hebat dari teman2,
dan merasa sok hebat untuk meng-gurui teman2, TIDAK! ini hanyalah apresiasi
terhadap usaha teman-teman yang mau belajar dan terus terang artikel inipun
secaragaris besar meniru artikel "HOW TO BECOME A HACKER" oleh kang "eric S R "
dan telah menyalin ulang beberapa poin penting dari artikel berlicensi GPL tsb.

Artikel inipun telah di bubuhi tambalan2 dari beberapa pertanyaan yang sering
di temui. Adapun yang aku coba lakukan adalah hanya coba mendokumentasikannya
disini dengan harapan jika ada yang memerlukannya dapat dengan mudah me-refer
ke artikel ini.

Soal Version 1.0 , aku sengaja menambahkan versi agar artikel ini tidak baku,
artinya bisa di perbaiki , dihapus, di edit, di sempurnakan sesuai dengan
masukan dari semua teman2 dan perkembangan yang terjadi nantinya .



[F.A.Q]

[0] T : Tolong Jelaskan Apa Itu HAcker ?
J : Hacker adalah: Seseorang yang tertarik untuk mengetahui secara mendalam
mengenai kerja suatu system, komputer, atau jaringan komputer."

[1] T : Maukah Anda mengajari saya cara hacking?
J : Hacking adalah sikap dan kemampuan yang pada dasarnya harus dipelajari sendiri.
Anda akan menyadari bahwa meskipun para hacker sejati bersedia membantu,
mereka tidak akan menghargai Anda jika Anda minta disuapi segala hal yang
mereka ketahui

Pelajari dulu sedikit hal. Tunjukkan bahwa Anda telah berusaha, bahwa Anda
mampu belajar mandiri. Barulah ajukan pertanyaan-pertanyaan spesifik pada
hacker yang Anda jumpai.

Jika toh Anda mengirim email pada seorang hacker untuk meminta nasihat,
ketahuilah dahulu dua hal. Pertama, kami telah menemukan bahwa orang-orang
yang malas dan sembrono dalam menulis biasanya terlalu malas dan sembrono
dalam berpikir sehingga tidak cocok menjadi hacker -- karena itu usahakanlah
mengeja dengan benar, dan gunakan tata bahasa dan tanda baca yang baik,
atau Anda tidak akan diacuhkan.

Kedua, jangan berani-berani meminta agar jawaban dikirim ke alamat email
lain yang berbeda dari alamat tempat Anda mengirim email; kami menemukan
orang-orang ini biasanya pencuri yang memakai account curian, dan kami
tidak berminat menghargai pencuri

T : Kalau begitu arahkan saya?
J : Baiklah , kamu harus belajar !!

T : Apa yang harus di pelajari ?
J : Networking (jaringan) , Programing , Sistem Operasi , Internet

T : wow, apa gak terlalu banyak tuh ?
J : Tidak, Semua itu tidak harus kamu kuasai dalam waktu cepat, basicnya yang penting
Ingat semua itu perlu proses!

T : Networking saya mulai dari mana ?
J : Pengetahuan dasar jaringan ( konsep TCP/IP) , komponen dasar jaringan, topologi
jaringan, terlalu banyak artikel yang dapat kamu baca dan buku yang bertebaran
di toko toko buku, atau kamu bisa mencoba berkunjung kesitus ilmukomputer.com

T : Untuk programing ?
J : Mungkin yang terpenting adalah 'logika' pemrograman , jadi lebih kearah
pemanfaatan logika , ada baiknya belajar algoritma , pengenalan flowchart
atau bagan alur untuk melatih logika (teoritis) serta untuk prakteknya sangat
disarankan belajar pemrograman yang masih menomer satukan logika/murni

T : Kalau begitu bahasa pemrograman apa yang harus saya pelajari awalnya?
J : Bahasa Pemrograman apapun sebenarnya sama baik, tetapi ada baiknya belajar
bahasa seperti C , Perl , Phyton, Pascal, C++ , bukan berarti
menjelek-jelekkan visual programing ( nanti kamu akan tau bedanya )
(*ini murni pengalaman pribadi)

[3] T : Bagaimana saya harus memulai programing ?
J : Kumpulkan semua dokumentasi, manual, how to , FAQ , buku , dan contoh contoh
dari bahasa pemrograman yang akan anda pelajari , Cari dan install software
yang dibutuhkan oleh bahasa tersebut (Sesuai dokumentasi) , cobalah memprogram
walaupun program yang simple, dan kamu tidak di "haramkan" untuk mengetik ulang
program contoh dengan harapan kamu akan lebih mengerti dibandingkan kamu hanya
membaca saja, cari guru, teman atau komunitas yang bisa diajak bekerja sama
dalam mempelajari bahasa tersebut ( gabung dimilis, forum khusus bahasa tsb )
, sisanya tergantung seberapa besar usaha kamu. jangan mudah menyerah apalagi
sampai putus asa.

[1] T : Apakah Visual Basic atau Delphi bahasa permulaan yang bagus?
J : Tidak, karena mereka tidak portabel. Belum ada implementasi open-source dari
bahasa-bahasa ini, jadi Anda akan terkurung di platform yang dipilih oleh vendor.
Menerima situasi monopoli seperti itu bukanlah cara hacker.

[1] T : Apakah matematika saya harus bagus untuk menjadi hacker?
J : Tidak. Meskipun Anda perlu dapat berpikir logis dan mengikuti rantai pemikiran
eksak, hacking hanya menggunakan sedikit sekali matematika formal atau aritmetika.

Anda terutama tidak perlu kalkulus atau analisis (kita serahkan itu kepada para
insinyur elektro :-)). Sejumlah dasar di matematika finit (termasuk aljabar Bool,
teori himpunan hingga, kombinasi, dan teori graph) berguna.

T : Tentang pemrograman Web , apakah harus ?
J : Yupe, dikarenakan Internet adalah dunia kamu nantinya

T : Bahasa pemrograman web apa yang sebaiknya dipelajari untuk pemula ?
J : Mungkin kamu bisa mencoba HTML, dilanjutkan ke PHP yang akan membuat kamu lebih
familiar ke programing secara penuh

T : Tentang Sistem Operasi , kenapa harus ?
J : Penguasaan terhadap suatu operating system adalah sangat penting, kenapa ?
karena itulah lingkungan kamu nantinya , perdalami cara kerja suatu operating
system , kenali dan akrabkan diri :)

T : Sebaiknya, Operating system apa yang saya perdalami?
J : mungkin kamu bisa coba linux atau BSD , selain mereka free , dukungan komunitas
juga sangat banyak sehingga kamu tidak akan di tinggal sendirian jika menemukan
masalah, dan pula kemungkinan kamu untuk dapat berkembang sangatlah besar
dikarenakan sifat "open source"

T : Untuk pemula seperti saya , apa yang harus saya gunakan ?
J : Sebaiknya jika kamu benar benar pemula, kamu bisa gunakan linux , karena baik
sistem installasinya dan Graphical User Interfacenya lebih memudahkan kamu

T : Distro apa yang sebaiknya saya gunakan dan mudah untuk pemula
J : Kamu bisa mencoba Mandrake (disarankan oleh beberapa ahli yang pernah diajak
diskusi) , tetapi kamu bisa memilih sesukamu, meskipun aku memulainya juga
dengan mandrake tetapi aku lebih comfort dengan redhat.

T : Kalau tidak bisa Menginstall linux apakah jalan saya sudah tertutup?
J : Kamu bisa mencoba menginstall vmware , cygwin atau kamu bisa menyewa shell

T : Dimana Saya bisa mendapatkan programn program tersebut
J : berhentilah bertanya , dan arahkan browser kamu ke search engine , terlalu
banyak situs penyedia jasa yang dapat membantu kamu

T : Apakah saya HArus memiliki komputer ?
Y : IYA! , kecuali kalo kamu sudah dapat berinteraksi lebih lama dengan komputer
meskipun itu bukan milik kamu, tetapi sangat baik jika memilikinya sendiri
karena , pertama : Ide yang timbul bisa setiap saat, baik programing, riset
dsb, jadi ada baiknya kamu memilikinya agar dapat langsung
menyalurkan semua ide dan pemikiran kamu
Kedua : menggunakan PC sendiri membuat kamu merasa bebas untuk
bereksplorasi dan mencoba tanpa takut merusak dsb

T : Hardware apa yang saya butuhkan ?
Y : Menginggat harga komputer sudah relatif "murah" (mohon maaf buat yang masih belum
mampu membelinya) , kamu bisa sesuaikan spesifikasinya untuk kamu gunakan

T : Internet , apakah saya harus terkoneksi ke internet?
Y : Terkadang itu perlu, tetapi jangan terlalu memaksakan , kamu memang perlu terhubung
ke internet untuk mendownload modul, bacaan, update informasi, tetapi jangan jadikan
penghalang jika kamu tidak bisa terkoneksi secara periodik, jadilah kreatif


[1] T : Berapa lama waktu yang saya butuhkan?
J : Masalah waktu itu relatif, Bergantung seberapa besar bakat dan usaha Anda.
Kebanyakan orang memperoleh keahlian yang cukup dalam delapan belas bulan
atau dua tahun, jika mereka berkonsentrasi. Tapi jangan pikir setelah itu
selesai; jika Anda hacker sejati, Anda akan menghabiskan sisa waktu belajar
dan menyempurnakan keahlian.

T : Apakah tidak bisa yang Instan ? misal Tinggal gunain tool tertentu ?
J : Hum, kamu mo jadi hacker atau cuma pemakai tools ?, kalau menggunakan tools
semua orang juga bisa!!


[1] T : Bagaimana cara mendapatkan password account orang lain?
J : Ini cracking. Pergi sana, bodoh.

[1] T : Bagaimana cara menembus/membaca/memonitor email orang lain?
J : Ini cracking. Jauh-jauh sana, goblok

[0] T : Cracker ? apa itu ?
J : Cracker adalah individu yang mencoba masuk ke dalam suatu sistem komputer
tanpa ijin (authorisasi), individu ini biasanya berniat jahat/buruk, sebagai
kebalikan dari 'hacker', dan biasanya mencari keuntungan dalam memasuki suatu
sistem

[1] T : Saya dicrack. Maukah Anda menolong saya mencegah serangan berikutnya?
J : Tidak. Setiap kali saya ditanya pertanyaan di atas sejauh ini, ternyata
penanyanya seseorang yang menggunakan Microsoft Windows. Tidak mungkin secara
efektif melindungi sistem Windows dari serangan crack; kode dan arsitektur
Windows terlalu banyak mengandung cacat, sehingga berusaha mengamankan Windows
seperti berusaha menyelamatkan kapal yang bocor dengan saringan. Satu-satunya
cara pencegahan yang andal adalah berpindah ke Linux atau sistem operasi lain
yang setidaknya dirancang untuk keamanan.

T : Apakah saya perlu komunitas ?
J : YUPE , komunitas sangat kamu perlukan, apalagi jika kamu memilih untuk berkecimpung
di dunia opensource, banyak milis yang bisa kamu ikuti, sebaiknya ikuti milis yang
spesifik sesuai dengan yang kamu gunakan. (misal linux, sesuai distro )

T : Apakah termasuk milis sekuriti ?
J : iyah ! cobalah bugtraq@securityfocus.com



ReFerensi :

[0]. *RFC1392,Internet User Glossary
[1]. How to Become A Hacker - Eric S Raymond
Terjemahan Indonesia dari How To Become A Hacker - Steven Haryanto
[2]. Ezine at http://ezine.echo.or.id
[3]. Milis Newbie_hacker@yahoogroups.com
[4]. #e-c-h-o room @t DALNET
. Pendapat pribadi , hasil diskusi, MIlis lain , forum, Chatting

*greetz to:
[echostaff : moby, comex, the_Day, z3r0byt3, K-159, c-a-s-e, S'to]
{ISICteam : yudhax, anton, balai_melayu, wisnu, biatch-X },

anak anak newbie_hacker[at]yahoogroups.com , #e-c-h-o , #aikmel

kirimkan kritik && saran ke y3dips[at]echo.or.id

*/0x79/0x33/0x64/0x69/0x70/0x73/* (c)2004

2011/03/22

YUI-To mother

YUI - Untuk Ibu (Terjemahan)


Because you told me /Karena Anda mengatakan kepada saya
Teary voiced looking away Berlinang air menyuarakan memalingkan muka
That if you couldn't even lie anymore Itu jika Anda bahkan tidak bisa berbohong lagi
Living on would not be possible Hidup di tidak akan mungkin
Since you wanted to be loved Karena Anda ingin dicintai
You kept on laughing Anda terus tertawa
Through any hardship Melalui kesulitan apapun
Sadness is something Kesedihan adalah sesuatu
I could endure Aku bisa bertahan
If I were alone Jika saya sendirian
Kindness is so Kebaikan begitu
Cruel, Isn't it? Kejam, bukan?
Even your heart Bahkan hati Anda
Becomes confused Menjadi bingung
I want (us) to be together forever but Aku ingin (kita) untuk bersama selamanya tapi
Things I don't like about you seem to Hal yang saya tidak suka tentang Anda tampaknya
Increase by each passing day Meningkat setiap hari lewat
We're like-minded, aren't we? Kita seperti-minded, bukan?
I feel like I understand Saya merasa seperti saya mengerti
I have someone I can love now Aku punya seseorang yang saya bisa kasih sekarang
If that day were ever to come Jika hari yang pernah datang
I wonder if I could change Aku ingin tahu apakah aku bisa mengubah
Happiness is… Kebahagiaan adalah ...
Although it doesn't Meskipun tidak
Shine like magic Bersinar seperti sulap
Isn't hatred Bukankah kebencian
Just a slight misunderstanding? Hanya sedikit kesalahpahaman?
Please don't cry Tolong jangan menangis
Mere fate Mere nasib
Is something you can change Adalah sesuatu yang dapat mengubah
Crying into the night as I ran from the house Menangis ke dalam malam saat aku lari dari rumah
And in that secluded park bench Dan di bangku taman yang terpencil
I waited for you to come pick me up Aku menunggu kau datang menjemputku
Sadness is a thing Kesedihan adalah sesuatu
If snuggled together, Jika meringkuk bersama-sama,
A thing of great warmth Suatu hal yang hebat kehangatan
Kindness is Kebaikan adalah
If it's close to you Jika dekat dengan anda
Its taken advantage of Its dimanfaatkan
Hey… Hey ...
I'm happy Aku bahagia
Probably because Mungkin karena
I had you Aku telah Anda
With me Dengan saya



mom, I Love you... ibu, Aku cinta kamu ...

2011/03/19

Membuat Cursor Animasi

Membuat Cursor Animasi
Hallo sobat.. jumpa lagi nih. Setelah beberapa hari absen karena datangnya bulan suci ramadhan dan tadinya saya berniat untuk undur diri selama satu bulan, eh akhirnya tidak tahan juga nih... Nge-log lagiiiii.... (sudah kecanduan kalee ye ). Yupsss... kali ini saya mau membahas salah satu pertanyaan dari sobat alfath yang di ajukan melalui shoutbox. Kutipan pertanyaannya seperti ini :

"ASS.Gmana cara pasang kursor animasi,kan bagus klo kursornya antik... "

Sebuah keinginan yang datang akibat ingin membuat blognya tampak lebih menarik di mata pengunjung.... wajar kalau menurut saya..


Untuk membuat sebuah kursor animasi tidaklah sulit, karena tidak banyak kode yang harus dipakai, akan tetapi tentu saja sesuatu yang gampang akan menjadi sulit tatkala kita tidak tahu caranya, makanya disinilah indahnya berbagi, banyak berbagi akan banyak di bagi, banyak memberi akan banyak di beri. iya ngga? dan moto saya yang baru yaitu "banyak berbagi banyak sahabat".

Untuk membuat sebuah kursor animasi, langkah pertama yang harus di lakukan adalah membuat sebuah gambar animasi yang berukuran kecil, untuk yang ini terserah kepada keahlian sobat, banyak software pembuat animasi semisal macromedia flash dan kawan-kawannya. Sebuah pertanyaan baru mungkin muncul yaitu bagaimana apabila kita tidak menguasai program animasi, kan jadi ribet persolaannya. Jika sobat tidak bisa membuat sebuah gambar animasi untuk di pakai, jangan dulu putus harapan. Sobat bisa mencarinya di internet, ratusan atau bahkan ribuan situs menyediakan layanan ini. Caranya sangat mudah, sobat bisa mencarinya lewat search engine yang ada di sebelah kanan atas blog ini. Tuliskan keyword yang berhubungan, misal : Free cursor animated, cursor animation, Free cursor animated atau keyword lainnya yang di rasa berhubungan dengan yang namanya kursor animasi. Silahkan kunjungi situs yang muncul, barangkali sobat akan menemukan situs yang tepat.

Langkah kedua yaitu menyimpan file animasi yang sudah sobat dapatkan ke hosting tempat menyimpan gambar, contoh : http://www.photobucket.com atau di blogger sendiri juga bisa. Untuk cara-cara mengupload gambar sudah saya terangkan, silahkan baca kembali di sini apabila sobat masih belum bingung mengenai cara upload gambar. Apabila gambar animasi sudah si upload, catat alamat gambar tersebut. Sebagai contoh, saya mempunyai gambar cursor berbentuk naga terbang dengan alamat sebagai berikut :

http://24rohman.googlepages.com/dragon3.ani


Langkah selanjutnya adalah menyisipkan kode untuk kursor. Kode untuk membentuk kursor adalah sebagai berikut :

cursor: url("alamat gambar kursor");

Sebagai contoh, jika saya menggunakan alamat kursor yang saya miliki, kode nya jadi seperti ini :

cursor: url("http://24rohman.googlepages.com/dragon3.ani");

Langkah selanjutnya yang harus di lakukan adalah memasukan kode di atas ke dalam kode template sobat, agar lebih mudah untuk di pahami, saya tuliskan langkah-langkahnya :

# Untuk template klasik


1. Sign in di blogger.

2. Klik menu Template

3. Klik menu Edit HTML

4. Copy seluruh kode template yang ada, lalu save untuk backup data

5. Cari kode yang mirip dengan kode di bawah ini, biasanya di tulis dengan body :


body {
background:#fff;
margin:0;
padding:40px 20px;
font:x-small Georgia,Serif;
text-align:center;
color:#333;
font-size/* */:/**/small;
font-size: /**/small;
}

6. Sisipkan kode kursor di dalam kode tadi, sehingga seperti ini :


body{
background:#fff;
margin:0;
padding:40px 20px;
font:x-small Georgia,Serif;
text-align:center;
color:#333;
font-size/* */:/**/small;
font-size: /**/small;
cursor: url("http://24rohman.googlepages.com/dragon3.ani");
}

7. Klik tombol Simpan Perubahan Template

8. Selesai. Silahkan lihat hasilnya.



# Untuk template baru


1. Sign in di blogger

2. Klik menu Layout

3. Klik menu Edit HTML

4. Klik link Download template seluruhnya, save dulu untuk backup biar aman

5. Cari kode yang mirip dengan kode dibawah, biasanya di tulis dengan body :


body {
background:$bgcolor;
margin:0;
color:$textcolor;
font:x-small Georgia Serif;
font-size/* */:/**/small;
font-size: /**/small;
text-align: justify;
}
6. Sisipkan kode kursor di dalam kode tadi, sehingga seperti ini :


body {
background:$bgcolor;
margin:0;
color:$textcolor;
font:x-small Georgia Serif;
font-size/* */:/**/small;
font-size: /**/small;
text-align: justify;
cursor: url("http://24rohman.googlepages.com/dragon3.ani");
}

7. Klik tombol Simpan Template

8. Selesai. Silahkan lihat hasilnya.



Atau ada juga cara lain, yaitu di tempatkan di dalam kode , sobat tinggal menyisipkannya sehingga kodenya jadi seperti ini :




Saya rasa cukup deh, selamat menikmati animasinya. Untuk contoh nyata tentang yang saya terangkan diatas, sobat bisa kunjungi blog saya yang lain, silahkan klik di sini !

Eh sobat, di template unik sudah banyak template yang baru lho, kunjungi sebentar blogku yang satu ini ya, silahkan klik http://template-unik.blogspot.com

2011/03/18

dream scan

Cara Dapatkan DreamScene (atau Video Wallpaper) pada Windows 7

*
* Share Berbagi
*
* Email Email

If you were a Vista Ultimate user and have switched to Windows 7, you might remember a tool that enabled you to have videos and animations as desktop wallpapers instead of static images. Jika Anda adalah seorang pengguna Vista Ultimate dan telah beralih ke Windows 7, Anda mungkin ingat sebuah alat yang memungkinkan Anda untuk memiliki video dan animasi sebagai wallpaper desktop , bukan gambar statis. DreamScene

Known as Windows DreamScene , this utility was a part of Windows Vista Ultimate Extras, and helped you play your favorite video clips as desktop backgrounds without consuming the CPU (it used the graphics processing unit or the GPU). Dikenal sebagai Windows DreamScene, utilitas ini merupakan bagian dari Windows Vista Ultimate Extras, dan membantu Anda memutar video klip favorit Anda sebagai latar belakang desktop tanpa mengkonsumsi CPU (itu menggunakan unit pemrosesan grafik atau GPU).

The tool isn't available for Windows 7 though you can use the built-in desktop slideshow feature to play static image slideshows . Alat ini tidak tersedia untuk Windows 7 meskipun anda dapat menggunakan fitur built-in slideshow desktop untuk bermain statis tayangan slide gambar .

But, there's always a way out. Tapi, selalu ada jalan keluar. If you are missing video wallpapers on Windows 7 then here are two ways to get them. Jika Anda kehilangan wallpaper video on Windows 7 maka di sini adalah dua cara untuk mendapatkan mereka.
1. 1. Windows 7 DreamScene Activator Windows 7 Activator DreamScene

Windows 7 DreamScene Activator is a tiny but useful tool to migrate DreamScene feature from Windows Vista to Windows 7. Windows 7 DreamScene Penggerak adalah alat kecil namun berguna untuk bermigrasi DreamScene fitur dari Windows Vista ke Windows 7. You simply need to download it, run the tool as Administrator, and then click “Enable DreamScene.” The function will work. Anda hanya perlu men-download, jalankan alat sebagai Administrator, lalu klik "Aktifkan DreamScene." Fungsi ini akan bekerja. (If you are wondering how to run a tool as Administrator in Windows 7, check the 2nd point in this keyboard shortcuts article .) (Jika Anda bertanya-tanya bagaimana menjalankan sebuah alat sebagai Administrator pada Windows 7, periksa titik ke-2 dalam artikel cara pintas keyboard .)

Windows 7 DreamScene Activator

Windows 7 DreamScene Activator will copy necessary files, and then add the required registry keys & values. Windows 7 DreamScene Penggerak akan menyalin file yang diperlukan, dan kemudian menambahkan kunci registri yang dibutuhkan & nilai-nilai. Last of all, restart Explorer to enable the feature. Terakhir dari semuanya, restart Explorer untuk mengaktifkan fitur tersebut. (Hence, it is recommended to save your work before processing.) (Oleh karena itu, dianjurkan untuk menyimpan pekerjaan Anda sebelum memproses.)

Use DreamScene in Windows 7

After the process is done, you can right click on mpg or wmv file and choose “Set as Desktop Background” in context menu to activate DreamScene. Setelah proses selesai, Anda bisa klik kanan pada file mpg atau wmv dan memilih "Set as Desktop Background" dalam menu konteks untuk mengaktifkan DreamScene.

DreamScene needs Aero scheme

Though there is no need to have an Ultimate edition of Windows 7 for this tool, Aero scheme is still necessary, which means the Starter and Home Basic editions are excluded. Meskipun tidak ada harus memiliki edisi Ultimate Windows 7 untuk alat ini, skema Aero masih diperlukan, yang berarti Starter dan Home Basic edisi dikecualikan.
2. 2. Wallpaper mode in VLC media player Wallpaper mode VLC media player

VLC is one of the most popular free media players, which comes with support for nearly every codec. VLC adalah salah satu media player gratis paling populer, yang datang dengan dukungan untuk hampir setiap codec. The fantastic thing is, you can also use it to playback supported media files (not just limited to mpg and wmv files) as Windows desktop background. Yang fantastis adalah, Anda juga dapat menggunakannya untuk mendukung pemutaran file media (tidak hanya terbatas dan file mpg wmv) sebagai latar belakang desktop Windows.

Launch VLC media player, go to Tools > Preferences on the menu bar. Peluncuran VLC media player, pergilah ke Preferensi Tools> pada menu bar.

VLC media player video wallpaper

Switch to “Video” tab, select “DirectX (DirectDraw) Video Output” as “Output” option in “Display” section, then check “Enable wallpaper mode” box. Beralih ke "Video" tab, pilih "DirectX (DirectDraw) Output Video" sebagai pilihan "Output" di bagian "Display", kemudian memeriksa "Aktifkan wallpaper modus" kotak.

Enable wallpaper mode in VLC

Now the video you are playing will be automatically displayed as desktop wallpaper. Sekarang video Anda bermain akan secara otomatis ditampilkan sebagai wallpaper desktop.

Note 1 : You can also use this tip on Windows Vista and Windows XP. Catatan 1: Anda juga dapat menggunakan tip ini pada Windows Vista dan Windows XP. However, system will lose Aero effects during video playback, and return to normal after processing. Namun, sistem akan kehilangan efek Aero selama pemutaran video, dan kembali normal setelah pengolahan.

Note 2: KMPlayer can also do this for Windows XP users in “Desktop Mode”. Catatan 2: KMPlayer juga dapat melakukan ini untuk pengguna Windows XP di "Desktop Mode". However, it has some compatibility problems with Windows 7. Namun, ia memiliki beberapa masalah kompatibilitas dengan Windows 7.